Peran Internet Sebagai Pendukung Competitive Intelligence Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Perusahaan Menghadapi Persaingan
Abstrak
Di dalam ruang lingkup manajemen strategis terdapat pembahasan mengenai analisa lingkungan yang mempengaruhi bisnis perusahaan. Hasil analisa kondisi lingkungan (eksternal) dijadikan fondasi dalam melakukan perumusan strategi dan restrukturisasi internal. Pendekatan melihat situasi eksternal terlebih dahulu baru kemudian menyusun strategi internal dan strategi bisnis bertujuan agar perusahaan mampu beradaptasi dengan keadaan eksternal yang uncontrolable. Situasi internal yang controlable akan bisa menyesuaikan dengan dinamika situasi eksternal.
Alasan mengapa perusahaan membutuhkan competitive intelligence adalah untuk memenangkan kompetisi. Terlebih di era ini, era dimana lingkungan bisnis menjadi sangat dinamis kompetisi semakin ketat. Bagaimana menghadapi situasi bisnis yang penuh dengan ketidakpastian? Kuncinya sebenarnya hanya satu yaitu: jangan salah membuat keputusan. Jika kita ingin meminimalkan atau bahkan menghilangkan kesalahan dalam memutuskan sesuatu, maka keputusan itu tentunya harus sesuai dengan kondisi lingkungan bisnis yang up to date. Bagaimanakah caranya? Kegiatan Competitive Intelligence merupakan suatu cara dalam menemukan suatu kedudukan yang lebih baik melalui informasi yang dikumpulkan, lalu disaring, dan dianalisa, untuk menghasilkan informasi yang akurat, mudah untuk diterapkan, sesuai dengan kebutuhan manajemen. Kegiatan Competitive Intelligence ini adalah kegiatan yang legal yang dilakukan untuk dapat membuat perusahaan lebih kompetitif. Internet adalah alat perusahaan yang paling penting untuk mendukung Competitive Intelligence. Visibilitas informasi pesaing yang terdapat di Internet dan kekuatan alat berbasis web untuk menginterogasi situs Web untuk informasi tentang;harga,produk, jasa, dan pendekatan pemasaran telah meningkatan ketertarikan perusahaan untuk menggunakan internet dalam kegiatan pengumpulan data intelijen tersebut.
Hak cipta :
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Bangkit Indonesia oleh LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Bangkit Indonesia berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-SA 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Bangkit Indonesia
Lisensi :
Jurnal Bangkit Indonesia diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 / CC BY-SA 4.0 Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam bentuk atau format apa pun, menyusun, memodifikasi, dan membuat karya turunan dari materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial, selama tujuan tersebut mencantumkan penghargaan kepada Pencipta karya aslinya.