Peran Internet Sebagai Pendukung Competitive Intelligence Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Perusahaan Menghadapi Persaingan

  • Danandjaya Saputra yes
Keywords: internet, competitive intelligence, persaingan global

Abstract

Di dalam ruang lingkup manajemen strategis terdapat pembahasan mengenai analisa lingkungan yang mempengaruhi bisnis perusahaan. Hasil analisa kondisi lingkungan (eksternal) dijadikan fondasi dalam melakukan perumusan strategi dan restrukturisasi internal. Pendekatan melihat situasi eksternal terlebih dahulu baru kemudian menyusun strategi internal dan strategi bisnis bertujuan agar perusahaan mampu beradaptasi dengan keadaan eksternal yang uncontrolable. Situasi internal yang controlable akan bisa menyesuaikan dengan dinamika situasi eksternal.

Alasan mengapa perusahaan membutuhkan competitive intelligence adalah untuk memenangkan kompetisi. Terlebih di era ini, era dimana lingkungan bisnis menjadi sangat dinamis kompetisi semakin ketat. Bagaimana menghadapi situasi bisnis yang penuh dengan ketidakpastian? Kuncinya sebenarnya hanya satu yaitu: jangan salah membuat keputusan. Jika kita ingin meminimalkan atau bahkan menghilangkan kesalahan dalam memutuskan sesuatu, maka keputusan itu tentunya harus sesuai dengan kondisi lingkungan bisnis yang up to date. Bagaimanakah caranya? Kegiatan Competitive Intelligence merupakan suatu cara dalam menemukan suatu kedudukan yang lebih baik melalui informasi yang dikumpulkan, lalu disaring, dan dianalisa, untuk menghasilkan informasi yang akurat, mudah untuk diterapkan, sesuai dengan kebutuhan manajemen. Kegiatan Competitive Intelligence ini adalah kegiatan yang legal yang dilakukan untuk dapat membuat perusahaan lebih kompetitif. Internet adalah alat perusahaan yang paling penting untuk mendukung Competitive Intelligence. Visibilitas informasi pesaing yang terdapat di Internet dan kekuatan alat berbasis web untuk menginterogasi situs Web untuk informasi tentang;harga,produk, jasa, dan pendekatan pemasaran telah meningkatan ketertarikan perusahaan untuk menggunakan internet dalam kegiatan pengumpulan data intelijen tersebut.

Published
2016-10-31
How to Cite
Saputra, D. (2016). Peran Internet Sebagai Pendukung Competitive Intelligence Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Perusahaan Menghadapi Persaingan. Jurnal Bangkit Indonesia, 5(2), 1. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v5i2.68