Perbandingan Game Framework Pada Html5
Abstrak
Game merupakan aplikasi yang mungkin diminati berbagai kalangan dalam mengisi waktu kosong.Seiring dengan pengembangan game, jumlah orang yang tertarik dalam membuat game juga meningkat. HTML5 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam membuat suatu game. Banyak game framework yang tersedia pada HTML5 yang memungkinkan pengguna kesulitan dalam memilih. Dikarenakan belum adanya penelitian yang membahas tentang perbandingan game framework HTML5, maka penulis mencoba untuk membandingkannya. Perbandingan game framework meliputi ketersediaan dokumentasi, forum dan performance. Perbandingan dilakukan dengan mengunduh game yang bertema sama dari masing-masing game framework dan kemudian mengukur performance dengan menggunakan Chrome Dev Tools dan Mozilla Dev Tools. Pada hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa game framework yang memiliki performance terbaik adalah PixiJS dibandingkan dengan game framework PhaserJS, MelonJS dan KiwiJS.
Hak cipta :
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Bangkit Indonesia oleh LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Bangkit Indonesia berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-SA 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Bangkit Indonesia
Lisensi :
Jurnal Bangkit Indonesia diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 / CC BY-SA 4.0 Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam bentuk atau format apa pun, menyusun, memodifikasi, dan membuat karya turunan dari materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial, selama tujuan tersebut mencantumkan penghargaan kepada Pencipta karya aslinya.