Pengembangan Aplikasi E-Money Dengan Pemanfaatan Payment Gateway Berbasis Android (Studi Kasus Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang)
Abstrak
Pada penelitian sebelumnya telah di kembangkan sebuah aplikasi e-money berbasis website yang akan di implementasikan pada event tahunan STT Indonesia Tanjungpinang yaitu pasar mahasiswa, tetapi masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya pada proses penukaran uang asli menjadi uang digital yang masi dilakukan secara manual oleh admin yang menyebabkan aplikasi tersebut menjadi kurang efektif oleh karena itu dikembangkan lah aplikasi tersebut menjadi aplikasi e-money berbasis android dan menambahkan beberapa fitur tambahan seperti dapat menggunakan fitur payment gateway dan fitur generate QR Qode yang bisa di akses melalui scanner gadget. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall (Classic Life Cycle) dan juga menggunakan beberapa perangkat lunak yang mendukung perancangan aplikasi e-money tersebut sepertiĀ bahasa pemrograman menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP) dan manajemen database menggunakan phpMyAdmin sebagai basis data, kemudian untuk Text editor menggunakan aplikasi Visual Studio Code, serta web server menggunakan aplikasi XAMPP. Penelitian ini menghasilkan suatu program yang lebih dinamis dan user friendly yang dapat diakses di gadget masing masing pengunjung atau pun penjual dan program ini juga dapat melakukan pengolahan data pembeli, pengolahan data penjual, pemilihan menu dan laporan penjualan serta pembelian produk di pasar mahasiswa STT Indonesia Tanjungpinang program ini dapat memantau segala transaksi yang terjadi antara pembeli maupun penjual sehingga meminimalisir kesalahan kesalahan yang dapat terjadi pada pasar mahasiswa STT Indonesia Tanjungpinang.
Hak cipta :
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Bangkit Indonesia oleh LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Bangkit Indonesia berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-SA 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Bangkit Indonesia
Lisensi :
Jurnal Bangkit Indonesia diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 / CC BY-SA 4.0 Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam bentuk atau format apa pun, menyusun, memodifikasi, dan membuat karya turunan dari materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial, selama tujuan tersebut mencantumkan penghargaan kepada Pencipta karya aslinya.