Peran Internet Sebagai Pendukung Competitive Intelligence Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Perusahaan Menghadapi Persaingan
Abstract
Di dalam ruang lingkup manajemen strategis terdapat pembahasan mengenai analisa lingkungan yang mempengaruhi bisnis perusahaan. Hasil analisa kondisi lingkungan (eksternal) dijadikan fondasi dalam melakukan perumusan strategi dan restrukturisasi internal. Pendekatan melihat situasi eksternal terlebih dahulu baru kemudian menyusun strategi internal dan strategi bisnis bertujuan agar perusahaan mampu beradaptasi dengan keadaan eksternal yang uncontrolable. Situasi internal yang controlable akan bisa menyesuaikan dengan dinamika situasi eksternal.
Alasan mengapa perusahaan membutuhkan competitive intelligence adalah untuk memenangkan kompetisi. Terlebih di era ini, era dimana lingkungan bisnis menjadi sangat dinamis kompetisi semakin ketat. Bagaimana menghadapi situasi bisnis yang penuh dengan ketidakpastian? Kuncinya sebenarnya hanya satu yaitu: jangan salah membuat keputusan. Jika kita ingin meminimalkan atau bahkan menghilangkan kesalahan dalam memutuskan sesuatu, maka keputusan itu tentunya harus sesuai dengan kondisi lingkungan bisnis yang up to date. Bagaimanakah caranya? Kegiatan Competitive Intelligence merupakan suatu cara dalam menemukan suatu kedudukan yang lebih baik melalui informasi yang dikumpulkan, lalu disaring, dan dianalisa, untuk menghasilkan informasi yang akurat, mudah untuk diterapkan, sesuai dengan kebutuhan manajemen. Kegiatan Competitive Intelligence ini adalah kegiatan yang legal yang dilakukan untuk dapat membuat perusahaan lebih kompetitif. Internet adalah alat perusahaan yang paling penting untuk mendukung Competitive Intelligence. Visibilitas informasi pesaing yang terdapat di Internet dan kekuatan alat berbasis web untuk menginterogasi situs Web untuk informasi tentang;harga,produk, jasa, dan pendekatan pemasaran telah meningkatan ketertarikan perusahaan untuk menggunakan internet dalam kegiatan pengumpulan data intelijen tersebut.
Copyright :
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
The copyright for any article in the Jurnal Bangkit Indonesia by LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
The author acknowledges that Jurnal Bangkit Indonesia has the right to publish for the first time with a Licence Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-NC-SA 4.0
Authors can enter writings separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published or the first time in the Jurnal Bangkit Indonesia
Licence :
Jurnal Bangkit Indonesia published under the terms of a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-NC-SA 4.0 This license permits anyone to to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.