Perbandingan Game Framework Pada Html5
Abstract
Game merupakan aplikasi yang mungkin diminati berbagai kalangan dalam mengisi waktu kosong.Seiring dengan pengembangan game, jumlah orang yang tertarik dalam membuat game juga meningkat. HTML5 merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bisa digunakan dalam membuat suatu game. Banyak game framework yang tersedia pada HTML5 yang memungkinkan pengguna kesulitan dalam memilih. Dikarenakan belum adanya penelitian yang membahas tentang perbandingan game framework HTML5, maka penulis mencoba untuk membandingkannya. Perbandingan game framework meliputi ketersediaan dokumentasi, forum dan performance. Perbandingan dilakukan dengan mengunduh game yang bertema sama dari masing-masing game framework dan kemudian mengukur performance dengan menggunakan Chrome Dev Tools dan Mozilla Dev Tools. Pada hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa game framework yang memiliki performance terbaik adalah PixiJS dibandingkan dengan game framework PhaserJS, MelonJS dan KiwiJS.
Copyright :
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
The copyright for any article in the Jurnal Bangkit Indonesia by LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
The author acknowledges that Jurnal Bangkit Indonesia has the right to publish for the first time with a Licence Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-NC-SA 4.0
Authors can enter writings separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published or the first time in the Jurnal Bangkit Indonesia
Licence :
Jurnal Bangkit Indonesia published under the terms of a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-NC-SA 4.0 This license permits anyone to to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.