DATA MINING Prediksi Kebutuhan Nasabah Dengan Teknik Data Mining Dalam Mendukung Strategi Pemasaran Bank
Abstrak
Loyalitas nasabah dalam menggunakan produk perbankan merupakan salah satu faktor keberlangsungan sebuah Bank, sehingga menuntut pihak manajemen perbankan berinovasi untuk meng-create produk unggulan. produk-produk yang dihasilkan pun berevolusi dari produk klasik hingga produk digital yang memanfaatkan perkembangan teknologi. tujuan terpenting adalah meyakinkan nasabah untuk menggunakan berbagai produk perbankan yang tentunya sesuai dengan kebutuhan nasabah. Database nasabah merupakan pasar yang ideal dalam menawarkan produk. Pemanfaatan data nasabah dengan teknik Data Mining dan Algoritma C.45 dapat membantu pihak Bank dalam memprediksi kebutuhan nasabah, karena teknik Data Mining dapat mengungkapkan pola-pola tersembunyi dari perilaku nasabah. Informasi pola-pola perilaku nasabah dimaksud dapat dijadikan modal utama oleh pemasaran Bank untuk memprediksi kebutuhan transaksi keuangan dari nasabah
Hak cipta :
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Bangkit Indonesia oleh LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Bangkit Indonesia berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-SA 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Bangkit Indonesia
Lisensi :
Jurnal Bangkit Indonesia diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 / CC BY-SA 4.0 Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam bentuk atau format apa pun, menyusun, memodifikasi, dan membuat karya turunan dari materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial, selama tujuan tersebut mencantumkan penghargaan kepada Pencipta karya aslinya.