Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia
Abstrak
Penyebaran covid-19 ditetapkan sebagai pandemi yang telah menyebar ke seluruh penduduk di dunia dan salah satau yang terkena pandeminya adalah Indonesia. Dalam mengurangi penyebaran covid-19 ini, maka pemerintah mengeluarkan aturan untuk meminimalisir angka positif dari pandemic tersebut. Aturan yang ditetapkankan antara lain adalah pembatasan sosial berskala besar yang dimana dlalam dunia Pendidikan juga menerapkan aturan tersebut. Pada sistem Pendidikan diuat menjadi sistem daring yang tadinya dengan sistem tatap muka. Dengan keluarnya aturan sistem daring ini menimbulkan pro dan kontra dalam menanggapinya. Masyarakat ada yang keberatan dengan mengharuskan adanya koneksi internet untuk menjalani proses pembelajarannya yang mana akan mengeluarkan biaya lebih untuk hal tersebut. Terkait permasalahan tersebut, berita tentang penerapan sistem pembelajaran daring ramai di sosial media salah satunya adalah youtube. Pembahasan tentang sistem daring ini membuat masyarakat beropini dalam kolom komentar yang disediakan oleh media sosial tersebut. Berbagai opini masyarakat yang muncul, sehingga penelitian ini dapat menilai suatu sentiment yang terdapat di media sosial tersebut mengenai sistem pembelajaran daring ini. Penelitian mencoba menggunakan metode naïve bayes dan algoritma deep learning sekuensial LDA yang mana masih dalam tahap suatu percobaan dengan menetapkan hasil secara manual tetapi sesuai prosedur dari masing-masing metode. Didapat dalam metode naïve bayes ditemukan komentar negatif sebesar 65,33% dan nilai psositif sebesar 23,33% dengan nilai akurasi yang didapat sebesar 56,45%. Sedangkan menggunakan metode algoritma deep learning sekuensial LDA didapat komentar yang positif sebanyak 35, yang negatif 95, dan netral 17 dari 150 data yang diambil dari 5 video yang ada di youtube. Dilihat dari hasil dengan metode yang telah diterapkan yang bernilai besar adalah nilai negatif dari pembahasan tersebut.
Hak cipta :
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Bangkit Indonesia oleh LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Bangkit Indonesia berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-SA 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Bangkit Indonesia
Lisensi :
Jurnal Bangkit Indonesia diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 / CC BY-SA 4.0 Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam bentuk atau format apa pun, menyusun, memodifikasi, dan membuat karya turunan dari materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial, selama tujuan tersebut mencantumkan penghargaan kepada Pencipta karya aslinya.