Penerapan Intelegensi Buatan Dengan Algoritma Negamax pada Aplikasi Permainan Deret Lima

  • Ridwanto Salmon author
  • Imron Nugraha Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang
  • Saharudin Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang
Kata Kunci: Intelegensia Buatan, Negamax

Abstrak

Perkembangan teknologi semakin pesat, termasuk perkembangan di dunia hiburan digital dalam hal ini perkembangan permainan berbasis komputer. intelegensia buatan adalah merupakan bagian dari kemajuan teknologi itu sendiri yang membuat mesin atau komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik manusia dimana komputer dapat berfikir selayaknya manusia, dalam dunia permainan komputer pun demikian, komputer dapat berpikir selayaknya manusia dalam melakukan permainan. Permainan deret lima yang menerapkan perkembangan teknologi permainan digital berbasis komputer dengan menggunakan Intelegensi buatan dengan algoritma negamax membentuk komputer dapat bermain, berpikir selayaknya manusia dalam menyusun bola berderet sebanyak lima buah secara horizontal, vertikal, maupun diagonal dimana komputer dapat mengalahkan manusia dalam bermain. Permainan deret lima merupakan tipe permainan simetris, yang menggunakan papan berpetak dalam permainannya. Pemain akan menyusun bola berwarna putih dan hitam sebanyak lima buah secara berderet baik horizontal, vertikal, maupun diagonal di papan permainan. Pemain yang terlebih dahulu dapat menyusun bola itu yang memenangkan permainan.

Diterbitkan
2017-10-04