Sistem Pendukung Keputusan Teknisi Terbaik PT.Telkom Indonesia Tanjungpinang Menggunakan Metode TOPSIS

  • Muhammad Faizal
  • Mochammad Rizki Romdoni Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang
  • Gunawan Pratama Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang
Kata Kunci: SPK, TOPSIS

Abstrak

Informasi sangat dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan yang baik dan tepat perlu didukung oleh ketersediaan informasi yang akurat, cepat dan relevan. Dengan informasi yang demikian, kepala kantor atau pimpinan suatu lembaga atau organisasi dapat gambaran yang komplek dan spesifik dari suatu keputusan yang akan dirumuskan. Keputusan akan efisien dari aspek waktu karena data dapat diakses secara instan. Di samping itu keakuratan data lebih terjamin, sehingga keputusan yang dirumuskan akan lebih tepat dan dapat dirumuskan dalam waktu yang relatif lebih singkat. Selama ini PT.Telkom Indonesia Tanjungpinang dalam pengambilan keputusan untuk memilih teknisi terbaik tidak berdasarkan data yang kualitatif yang membandingkan setiap kriteria yang ada, sehingga penilaian hanya dilakukan oleh kepala kantor maupun asman dengan memilih teknisi yang menurutnya terbaik tanpa mempertimbangkan kriteria-kriteria yang diperlukan. Jadi penilaian yang dilakukan hanya berdasarkan hasil voting suara dan juga perhitungan yang dilakukan juga tidak komputerisasi sehingga data yang lama sering sekali hilang dari pembukuan. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan Teknisi Terbaik Berbasis Web bisa membantu Kepala Kantor dalam menangani permasalahan diatas, sistem ini dibuat menggunakan metode TOPSIS (Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution) dengan bahasa pemrograman PHP dan Mysql sebagai databasenya, serta metode permodelan perangkat lunak menggunakan UML.

Diterbitkan
2018-10-04