Aplikasi E-Money Pada Pasar Mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang
Abstrak
Pasar Mahasiswa merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa setiap tahunnya.. Kegiatan pasar
mahasiswa pembayaran tidak dilakukan dengan menggunakan mata uang rupiah melainkan menggunakan koin yang disediakan oleh panitia
sebagai alat tukar pada proses jual beli di dalam pasar mahasiswa. Penggunaan koin dalam proses jual beli dinilai kurang efektif dan efisien
maka dari itu dikembangkanlah aplikasi yang memakai konsep E-money sebagai pengganti penggunaan koin. Aplikasi ini dirancang
menggunakan Bahasa pemrograman php dan MySql sebagai basis data, kemudian untuk Text editor menggunakan Notepad++ dan MySql front
untuk editor basis data dengan menggunakan metode waterfall sebagai pengembangan perangkat lunak.Penelitian ini menghasilkan suatu
program yang dapat melakukan pengolahan data pembeli, pemilihan menu dan laporan penjualan serta pembelian . program ini dapat
memantau segala transaksi yang terjadi antara pembeli maupun penjual sehingga meminimalisir kesalahan kesalahan yang dapat terjadi pada
pasar mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang.
Hak cipta :
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Bangkit Indonesia oleh LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang berlisensi di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
Penulis mengetahui bahwa Jurnal Bangkit Indonesia berhak menerbitkan untuk pertama kalinya dengan Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-SA 4.0
Penulis dapat memasukkan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif naskah yang telah diterbitkan di jurnal ini ke dalam versi lain (misalnya dikirim ke tempat penyimpanan institusi penulis, penerbitan dalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah tersebut telah diterbitkan atau pertama kali di Jurnal Bangkit Indonesia
Lisensi :
Jurnal Bangkit Indonesia diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 / CC BY-SA 4.0 Lisensi ini mengizinkan siapa pun untuk menyalin dan mendistribusikan kembali materi ini dalam bentuk atau format apa pun, menyusun, memodifikasi, dan membuat karya turunan dari materi ini untuk tujuan apa pun, termasuk tujuan komersial, selama tujuan tersebut mencantumkan penghargaan kepada Pencipta karya aslinya.