Analisis Kualitas Website Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Website PT. Bank Sinarmas Tbk Menggunakan Metode Webqual 4.0

  • Ade Winarni author
  • Wellian Riska
Kata Kunci: Website, Website Quality, Website Quality Measurement, Customer Satisfication, Webqual 4.0

Abstrak

Website memiliki peranan penting bagi perbankan karena merupakan media informasi sekaligus sarana promosi berbasis online yang sangat effective digunakan untuk menjangkau masyarakat luas. PT. Bank Sinarmas Tbk sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia tentunya memiliki keperluan untuk memiliki website berkualitas tinggi agar dapat bersaing dengan bank-bank lainnya dalam memberikan layanan informasi terbaik baik untuk nasabah maupun calon nasabanya.
Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada pengukuran terkait tingkat kepuasan nasabah terhadap kualitas website yang dimiliki oleh Bank Sinarmas. Mengetahui hal itu maka dilakukan penelitian berjudul “Analisis kualitas website dan kepuasan nasabah terhadap website PT. Bank Sinarmas Tbk menggunakan metode webqual 4.0.
Penelitian dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan nasabah berdasarkan 4 variabel penting yaitu ketergunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan interaksi (service interaction quality) dan kepuasan nasabah (service user satisfication). Pada penelitian ini akan dianalisis data dari jawaban kuesioner yang telah dibagikan kepada 50 sampel random nasabah PT. Bank Sinarmas, Tbk kantor cabang Tanjungpinang menggunakan metode Webqual 4.0 dan software SPSS 22.

Diterbitkan
2020-03-31