Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Ujian Akhir Semester (Siuas) Menggunakan Metode Service Quality (Servqual)

  • Nanny Raras Setyoningrum STTI Tanjungpinang
Keywords: analisis tingkat kepuasan, website, ServQual

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan tingkat kepuasan sistem informasi ujian akhir semester pada STTI Tanjungpinang dengan menggunakan pendekatan metode ServQual. Hal ini dilakukan karena belum pernah dilakukan pengukuran tingkat kepuasan pengguna sistem pada STTI Tanjungpinang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan pengguna sistem yang diukur dengan pendekatan metode Servqual.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden pengguna aplikasi, yang sebelumnya dilakukan wawancara kepada pengguna sistem. Pemilihan responden dilakukan menggunakan teknik purposive sampling sebab hanya responden yang menggunakan aplikasi saja yang dipilih. Analisis dilakukan dengan menghitung persentase tingkat kepuasan pengguna dengan pendekatan ServQual. Hasil penelitian ini menunjukan bawa Hasil analisis tingkat kepuasan pengguna SIUAS menggunakan metode ServQual menghasilkan tingkat kepuasan yang dirasakan pengguna sebesar 84,12% dengan gap/selisish sebesar 15,88% artinya pengguna berada pada rentang kategori sangat puas dimana dari kelima dimensi tersebut variable tangible memiliki gap/selisih terkecil yaitu 12,74% sedangkan gap/selisih terbesar ada pada variable reliability, yaitu sebesar 18,06,%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa persentase kepuasan pengguna dengan metode ServQual berada pada range kategori puas. Berdasarkan dimensi perbaikan maka dimensi pada metode ServQual terdapat tiga item perbaikan yaitu dua pada dimensi reliability dan satu pada dimensi responsiveness. Rekomendasi perbaikan masih diperlukan supaya menghasilkan perangkat lunak yang baik. Berdasarkan dimensi perbaikan maka analisis menggunakan metode ServQual terdapat tiga perbaikan yaitu dimensi reliability pada bagian loading saat mengakses sistem dan detail penelusuran aktivitas pengguna serta dimensi responsiveness pada bagian menanggapi terjadinya trouble.

Published
2019-08-02
How to Cite
Setyoningrum, N. R. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Ujian Akhir Semester (Siuas) Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Bangkit Indonesia, 7(2), 33. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v7i2.98