Implementasi Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Barang (Studi Kasus: Toko Isna Kabupaten Bintan)

  • Heti Mulyani author
Keywords: Toko Isna, Transaksi Penjualan, Algoritma Apriori, Aturan Asosiasi, Waterfall

Abstract

Salah satu upaya untuk mengoptimalkan penjualan barang pada toko Isna adalah dengan mengolah data yang menumpuk menjadi sebuah informasi yang berguna. Pemanfaatan data penjualan yang tersimpan dalam basis data dapat dilakukan dengan membuat sebuah aplikasi yang mengimplementasikan algoritma apriori. Algoritma apriori merupakan salah satu jenis aturan asosiasi pada data mining untuk untuk menemukan aturan suatu kombinasi item pada suatu database transaksi penjualan barang.

Dalam perancangan aplikasi ini, metodologi penelitian menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall dan aplikasi yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Netbeans, MySQL Front sebagai basis data, dan Xampp sebagai servernya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dibangun mampu menghasilkan informasi yang dapat memberikan pengetahuan bagi pemilik maupun pengguna untuk meningkatkan efisiensi penempatan posisi barang dagangan sehingga dapat mengoptimalkan penjualan barang. Hal ini terbukti dari 10 sample yang diambil pada bulan April menghasilkan produk G, Susu Frisian Flag Straw 180 ml dan Teh Celup Prendjak 50x25x2gr. Item item tersebut merupakan produk yang sering terjual secara bersamaan dalam transaksi penjualan.

Published
2018-03-10
How to Cite
Mulyani, H. (2018). Implementasi Algoritma Apriori Pada Transaksi Penjualan Barang (Studi Kasus: Toko Isna Kabupaten Bintan). Jurnal Bangkit Indonesia, 7(1), 15. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v7i1.82