Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Nilai Jasa Serta Dampaknya Terhadap Citra Lembaga

  • Lois Frederik
Keywords: Service Marketing Mix, Customer Value, Corporate Image

Abstract

Informasi yang berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan tidak mudah didapatkan, apa lagi jika ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kita inginkan adalah yang berkualitas dan sesuai dengan perubahan masyarakat dunia.  Dalam upaya mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas diperlukan suatu lembaga yang berkualitas pula. Mengingat banyak pemasar menawarkan  jenis dan kelas produk yang sama, maka keberhasilan seorang pemasar perlu ditunjang oleh kemampuan dalam merancang dan menawarkan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat/lokasi, orang, proses, dan pasilitas fisik) yang paling sesuai dengan harapan konsumen sasaran.

Studi ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bauran pemasaran jasa pada STMIK Bandung (2) Mengetahui nilai jasa yang diterima mahasiswa pada STMIK Bandung (3) Mengetahui citra pada STMIK Bandung (4) Mengetahui pengaruh  bauran pemasaran jasa terhadap nilai jasa pada STMIK Bandung (5) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap citra pada STMIK Bandung (6) Mengetahui pengaruh nilai jasa terhadap citra pada STMIK Bandung.

Penelitian dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori, dengan mengunakan sampel melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2008. Analisis data menggunakan  Uji Path Analysis.

Dari hasil penelitian diperoleh bahwa bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap nilai jasa. Dari pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa nilai jasa berpengaruh terhadap citra. Semakin baik nilai jasa yang diterima mahasiswa, maka mahasiswa cenderung akan semakin loyal terhadap Universitas STMIK Bandung.

Published
2017-10-10
How to Cite
Frederik, L. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Nilai Jasa Serta Dampaknya Terhadap Citra Lembaga. Jurnal Bangkit Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v6i2.87