Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Nilai Jasa Serta Dampaknya Terhadap Citra Lembaga
Abstract
Informasi yang berupa ilmu pengetahuan dan keterampilan tidak mudah didapatkan, apa lagi jika ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kita inginkan adalah yang berkualitas dan sesuai dengan perubahan masyarakat dunia. Dalam upaya mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berkualitas diperlukan suatu lembaga yang berkualitas pula. Mengingat banyak pemasar menawarkan jenis dan kelas produk yang sama, maka keberhasilan seorang pemasar perlu ditunjang oleh kemampuan dalam merancang dan menawarkan bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat/lokasi, orang, proses, dan pasilitas fisik) yang paling sesuai dengan harapan konsumen sasaran.
Studi ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bauran pemasaran jasa pada STMIK Bandung (2) Mengetahui nilai jasa yang diterima mahasiswa pada STMIK Bandung (3) Mengetahui citra pada STMIK Bandung (4) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap nilai jasa pada STMIK Bandung (5) Mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap citra pada STMIK Bandung (6) Mengetahui pengaruh nilai jasa terhadap citra pada STMIK Bandung.
Penelitian dilakukan bersifat deskriptif dan verifikatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey deskriptif dan survey eksplanatori, dengan mengunakan sampel melalui teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2008. Analisis data menggunakan Uji Path Analysis.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa bauran pemasaran jasa berpengaruh terhadap nilai jasa. Dari pengujian statistik dapat disimpulkan bahwa nilai jasa berpengaruh terhadap citra. Semakin baik nilai jasa yang diterima mahasiswa, maka mahasiswa cenderung akan semakin loyal terhadap Universitas STMIK Bandung.
Copyright :
Authors who publish their manuscripts in this Journal agree to the following conditions:
The copyright for any article in the Jurnal Bangkit Indonesia by LPPM STT Indonesia Tanjung Pinang is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International
The author acknowledges that Jurnal Bangkit Indonesia has the right to publish for the first time with a Licence Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-NC-SA 4.0
Authors can enter writings separately, arrange non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into other versions (eg sent to the author's institutional repository, publication in a book, etc.), by acknowledging that the manuscript has been published or the first time in the Jurnal Bangkit Indonesia
Licence :
Jurnal Bangkit Indonesia published under the terms of a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License / CC BY-NC-SA 4.0 This license permits anyone to to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format for noncommercial purposes only, and only so long as attribution is given to the creator. If you remix, adapt, or build upon the material, you must license the modified material under identical terms.