Kerangka Kerja Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Layanan Ti Menggunakan Cobit 5 Dan Itil V.3

(Studi Kasus : Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang)

  • Liza Safitri
Keywords: COBIT 5, ITIL V3

Abstract

Pemanfaatan teknologi dalam sektor pelayanan pendidikan dilakukan untuk memberikan kemudahan pada proses administrasi bagi perguruan tinggi yang menerapkannya. Namun dalam kenyataannya penggunaan sistem informasi dalam memberikan layanan terhadap kebutuhan TI masih memiliki banyak risiko seperti ketersediaan data, kehilangan data, pemrosesan data yang salah sehingga layanan akademik tidak berjalan dengan efisien. Risiko-risiko tersebut dapat mempengaruhi tingkat efektifitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan dan strategi Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang.

Dalam melakukan pemenuhan kebutuhan teknologi informasi diperlukan adanya sebuah mekanisme evaluasi dan kontrol terhadap pengelolaan teknologi informasi. Mekanisme kontrol serta audit Sistem Informasi dan audit Teknologi Informasi yang digunakan adalah audit kerangka kerja COBIT 5 dan ITIL V.3, dimana IT assurance ini bukan hanya dapat memberikan evaluasi terhadap tata kelola Teknologi Informasi pada Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang, tetapi dapat juga memberikan panduan yang dapat dipergunakan untuk melakukan perbaikan pengelolaan teknologi informasi pada Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang dimasa yang akan datang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari melakukan pemetaan COBIT 5 dan ITIL V.3 kemudian dilakukan pemilihan proses-proses yang relevansi terhadap masalah yang dihadapi organisasi. Framework baru tersebut dilakukan penilaian untuk mendapatkan nilai dan dilakukan Gap analysis untuk mendapatkan rekomendasi aktifitas proses IT.

Berdasarkan hasil pengukuran tingkat evaluasi framework tata kelola teknologi informasi untuk layanan TI pada Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang menggunakan COBIT 5 dan ITIL V.3 diketahui bahwa Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang berada pada level L (Largely achieved) dimana L sebagian besar dicapai (> prestasi 50% untuk 85%).

Published
2017-10-03
How to Cite
Safitri, L. (2017). Kerangka Kerja Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Layanan Ti Menggunakan Cobit 5 Dan Itil V.3. Jurnal Bangkit Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v6i2.19