Sistem Informasi Pengolahan Data Reservasi Berbasis Client Server Dengan Metode FEFO Pada Inspired Bridal Studio Tanjungpinang

  • Titania Pricillia Sistem Informasi
  • Danandjaya Saputra Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjungpinang

Abstract

Hampir semua proses pengelolaan data yang terjadi pada Inspired Bridal Studio masih bersifat manual menggunakan pencatatan tangan. Sehingga menimbulkan beberapa persmasalahan diantaranya seperti terbatasnya tempat penyimpanan kertas dalam jumlah yang banyak dan tergolong tidak aman, pencarian data masih belum efisien dan proses pemesanan yang menghabiskan waktu lama.
Berdasarkan permasalahan yang ada, penulis melakukan wawancara, observasi dan merancang sebuah sistem baru dengan membangun sistem informasi yang mengantisipasi kelemahan-kelemahan pada proses reservasi dan pengolahan data pelanggan pada Inspired Bridal Studio. Dalam melakukan penelitian ini metodologi yang digunakan untuk pengembangan sistem informasi ini adalah menggunakan metodologi prototype. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman Java dan SQL dengan menggunakan Java Netbeans dan PhpMyAdmin sebagai aplikasinya.
Hasil dari penelitian ini adalah sistem perangkat lunak yang dapat mendukung proses pengolahan data reservasi, data pelanggan, data katalog dan data sumber daya manusia serta dapat mencetak laporan reservasi, laporan pelanggan, laporan katalog, laporan sumber daya manusia, kartu pelanggan dan kwitansi.

Published
2020-03-31
How to Cite
Pricillia, T., & Saputra, D. (2020). Sistem Informasi Pengolahan Data Reservasi Berbasis Client Server Dengan Metode FEFO Pada Inspired Bridal Studio Tanjungpinang. Jurnal Bangkit Indonesia, 9(1), 24-30. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v9i1.113