Analisis Perbandingan Tingkat Kepuasan Karyawan PT. Harap Panjang Terhadap Layanan Aplikasi ABSS Dengan MYOB Menggunakan Metode Servqual

  • Nanny Raras Setyoningrum Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjung Pinang
  • Fitri Fitri Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia Tanjung Pinang
Kata Kunci: ABSS, MYOB, Servqual, Analisis, Tingkat Kepuasan, Perbandingan

Abstrak

PT. Harap Panjang adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi yang beralamat di jalan MT. Haryono No.28 Tanjungpinang. Penelitian ini berkaitan dengan tingkat kepuasan pengguna aplikasi ABSS dan aplikasi MYOB terhadap PT. Harap Panjang. Data dikumpulkan dengan melalui penyebaran kuesioner terhadap 34 karyawan PT. Harap Panjang yang terdiri dari dua bentuk kuesioner. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan pengguna aplikasi yang diukur dengan pendekatan metode Servqual untuk mengetahui aplikasi mana yang lebih efektif dalam membantu PT. Harap Panjang dalam mencatat keuangan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis tingkat kepuasan pengguna aplikasi ABSS telah memperoleh tingkat kepuasan yang dirasakan pengguna berdasarkan dimensi adalah Reliability 89,55%, Responsiveness 81,68%, Assurance 87,76%, Emphathy 86,36% dan Tangibles 80,94%. Sedangkan tingkat kepuasan pengguna aplikasi MYOB telah memperoleh tingkat kepuasan yang dirasakan pengguna berdasarkan dimensi adalah Reliability 70,07%, Responsiveness 78,42%, Assurance 86,08%, Emphathy 84,27% dan Tangibles 85,82%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa persentase kepuasan pengguna aplikasi ABSS lebih tinggi nilainya dibandingkan dengan aplikasi MYOB.

Diterbitkan
2023-10-30